Senin, 31 Oktober 2016

Contoh Bentuk Paruh dan Kaki Burung Untuk Adaptasi Morfologi

Contoh Adaptasi Morfologi pada Hewan
Ada beberapa contoh adaptasi morfologi pada hewan yang dapat kita temukan di lingkungan sekitar kita. Beberapa contoh morfologi tersebut antara lain adaptasi paruh burung, adaptasi kaki burung, adaptasi tipe mulut serangga, adaptasi hewan kutub, dan adaptasi hewan gurun.




1. Adaptasi Paruh Burung

Contoh adaptasi morfologi pada hewan yang pertama dapat kita saksikan pada bentuk paruh burung. Seperti kita ketahui bahwa paruh burung kenyataannya memiliki struktur, ukuran, dan bentuk yang beraneka ragam disesuaikan dengan bagaimana cara burung tersebut mencari makan dan jenis makanannya. 

Burung-burung pemakan ikan seperti pelikan dan bangau, umumnya memiliki bentuk paruh yang memanjang dan lancip dengan kantong di bagian bawahnya. Hal ini untuk memudahkan mereka menangkap ikan-ikan kecil yang ada di perairan. Burung-burung pemakan biji-bijian seperti ayam dan pipit memiliki paruh yang pendek, runcing, dan tebal untuk memudahkan mereka dalam m
2. Adaptasi Kaki Burung

Selain dilihat dari paruhnya, contoh adaptasi morfologi pada hewan keluarga aves juga dapat dilihat dari bentuk kakinya. Burung-burung yang hidup di ekosistem perairan umumnya memiliki kaki berselaput untuk memudahkan mereka ketika berenang, sedangkan burung-burung pemangsa umumnya mempunyai kaki yang kuat dan bercakar tajam untuk memudahkan mereka ketika berburu.




3. Adaptasi Tipe Mulut Serangga
Contoh adaptasi morfologi pada hewan dapat pula kita temukan pada tipe mulut serangga. Mulut serangga memiliki bentuk yang sangat beragam sesuai dengan cara makannya. 
Jenis
Bentuk
Contoh dan Kegunaan
Mulut pengisap
Seperti belalai yang bisa dijulurkan dan digulung.
Kupu-kupu, untuk mengisap madu dari bunga.
Mulut penusuk dan penghisap
Tajam dan panjang.
Nyamuk, untuk menusuk kulit manusia kemudian mengisap darah.
Mulut penjilat
Terdapat lidah yang panjang.
Lebah untuk menjilat makanan berupa nektar dari bunga.
Mulut penyerap
Terdapat alat penyerap yang mirip spons (gabus).
Lalat, untuk menyerap sari-sari makanan.
4. Adaptasi Hewan Kutub
Adaptasi ketebalan bulu hewan-hewan kutub juga merupakan contoh adaptasi morfologi. Hewan-hewan kutub seperti serigala atau beruang kutub umumnya memiliki bulu yang sangat tebal. Bulu tersebut berfungsi sebagai perlindungan dari suhu lingkungan yang terlampau rendah.emecah biji-bijian.


0 komentar:

Posting Komentar